Saturday, August 8, 2009

10 Pertanyaan PMS dan HIV/AIDS (remaja). Bag.1

PMS alias Penyakit Menular Seksual. Dah pada tau lom,jenis-jenis PMS?
Buat yg lom, kayaknya butuh deh informasi ini. Terus, HIV alias Human Immunodeficiency Virus ditambah lagi AIDS kepanjangan dari Acquired Immuno-Deficiency Syndrome (apaan lagi tuh?)...
Oke lah, kita to the point ja ya. Berikut 10 pertanyaan + Jawaban yang dikutip dari Buku Saku Untuk Remaja Usia 14-19 tahun (halaman:32-41). Jakarta: Depkes RI dan WHO
1. Apa saja jenis PMS? ^ Gonorhoea (GO): Penyakit yg disebabkan bkteri Neisseria gonnorrheae, masa inkubasi atau masa tunasnya 2-10 hari sesudah kuman masuk ke tubuh melalui hubungan seks. Gejala & tanda-tandanya pada wanita: terdapat keputihan (cairan vagina) kental, berwarna kekuningan. Rasa nyeri di rongga panggul. Dapat juga tanpa gejala.

^ Sifilis (Raja Singa): Penyakit yg disebabkan kuman Treponema pallidum. Masa inkubasinya 2-6 minggu, kadang2 sampe 3 bulan sesudah kuman masuk ke dalam tubuh melalui hubungan seks. Setelah itu beberapa tahun dapat berlalu tanpa gejala. Gejalanya berupa infeksi kronis dan sistemik dengan 3 tahap: Primer (luka pada kemaluan tanpa rasa nyeri,biasanya tunggal). Sekunder (bintil/bercak merah ditubuh). Tersier (kelainan saraf, jantung, pembuluh darah dan/kulit).

^ Herpes genitalis: Penyakit yang disebabkan virus Herpes simplex, dengan masa inkubasi atau masa tunasnya 4-7 hari sesudah virus masuk ke tubuh melalui hubungan seks. Gejala dan tanda-tanda berupa infeksi tahap awal: Bintil-bintil berair (berkelompok seperti anggur) yang sangat nyeri pada kemaluan. Kemudian pecah meninggalkan luka yang kering mengerak, lalu hilang sendiri. Gejala kambuh lagi seperti di atas namun tidak nyeri pada tahap awal, bila ada faktor pencetus (stress, haid, makanan/minuman beralkohol, hubungan seks berlebihan), dan biasanya menetap, hilang timbul seumur hidup.

^ Trikomoniasis vaginalis: trikomoniasis disebabkan oleh sejenis protozoa ditularkan melalui hubungan seksual. Gejala dan tanda-tandanya berupa: Cairan vagina (keputihan) encer, berwarna kuning-kehijauan, berbusa dan berbau busuk. Vulva agak membengkak, kemerahan, gatal, berbusa, dan terasa tidak nyaman.

^ Chancroid: Penyebabnya adalah bakteri Haemophilus dicreyl, dan ditularkan melalui hubungan seksual. Gejala dan tanda-tandanya adalah: Luka lebih dari satu yang sangat nyeri, tanpa radang jelas. Benjolan di lipatan paha yang sangat sakit dan mudah pecah.

^ Klamida: Penyakit menular seksual ini disebabkan oleh Klamidia trachomatis. Gejalanya keluar cairan vagina atau "keputihan encer" berwarna putih kekuningan, rasa nyeri dirongga panggul, dan pendarahan setelah hubungan seksual.

^ Kondiloma akuminata Genital Warts (HPV): Penyebab kondiloma adalah virus Human paipilloma. Gejala yang khas adalah terdapat satu atau beberapa kutil sekitar daerah kemaluan.

2. Bagaimana cara mencegah PMS?
^ Bagi remaja yang belum menikah tidak melakukan hubungan seksual. Cara ini disebut abstinensia, dan merupakan cara yang paling ampuh.

^ Bagi remaja yang sudah menikah harus saling setia, artinya tidak melakukan hubungan seksual selain dengan pasangan.

^ Hindari hubungan seks dengan penjaja seks dan hubungan seks beresiko.

^ Bagi remaja perempuan perlu diketahui bahwa resiko tertular penyakit menular seksual (PMS) lebih besar daripada laki-laki, sebab bentuk alat reproduksinya lebih rentan. Seringkali berakibat lebih parah karena gejala awal tidak segera dikenali, sedangkan penyakit berlanjut ke tahap lebih parah.
Bersambung...

3 comments:

  1. halo lam kenal jangan lupa mampir di blog ku ya

    ReplyDelete
  2. @ kandang nulis
    ya, insyALLAH mampiR :)

    ReplyDelete
  3. @ kandang nulis
    ya, ntar diriku mampiR :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar