Friday, April 30, 2010

Kekuatan Imajinasi

Diambil dari Buku karangannya Tony Buzan (email: Buzan@BuzanCentres.com, pada situsnya: www.BuzanCentres.com). Ternyata melibatkan imajinasi akan menjamin bahwa Anda juga menggunakan sisi kanan otak ketika biasanya Anda mengandalkan otak kiri.

Biarkan Imajinasi Membantu Anda Mengingat

Anda bisa melibatkan imajinasi dengan banyak cara ketika Anda mencoba mengingat sesuatu:
^ Melebih-lebihkan. Semakin Anda mendramatisir informasi yang ingin Anda ingat, semakin mudah informasi tersebut melekat di dalam ingatan Anda. Ini karena Anda membuatnya lebih menarik bagi otak Anda yang sangat hidup.

^ Humor. Seperti cara melebih-lebihkan, semakin lucu dan konyol informasi yang ingin Anda ingat, ia semakin menarik bagi imajinasi Anda. Humor adalah tanda khas dari akal yang kreatif.

^ Indra. Anda mengalami lingkungan dengan bantuan kelima indra: penglihatan, sentuhan, penciuman, pendengaran, dan pencicip, semuanya adalah pemicu yang kuat terhadap ingatan-pernakah Anda mencium wangi parfum orang yang lewat dan tiba-tiba teringat seseorang yang mengenakan wangi yang sama? Melibatkan indra ketika Anda ingin mengingat sesuatu akan membantu Anda menciptakan ingatan tiga dimensi dari apa yang ingin Anda simpan dalam ingatan.

^ Warna. Cobalah menambah warna pada apapun yang ingin Anda ingat-bebaskan akal Anda dari metoda pencatatan tradisional yang hitam-putih dan gunakan imajinasi Anda! Gunakan warna-warna yang cerah untuk membantu melibatkan imajinasi.

^ Irama. Gerak dan irama juga merupakan alat yang kuat dari imajinasi karena mereka membantu menciptakan gambar mental yang lebih riil dari apa yang Anda pelajari.

^ Pemikiran positif. Pada umumnya akan lebih mudah mengingat informasi yang dipikirkan secara positif dan yang Anda sukai dibandingkan informasi yang tidak menarik bagi Anda atau dipikirkan secara negatif. Ketimbang, memerintahkan diri untuk tidak melupakan sesuatu, sebaiknya katakan pada diri bahwa Anda harus mengingatnya. Jika Anda memulai dengan kekhawatiran bahwa Anda melupakannya, maka kemungkinan besar hal ini akan terjadi!

^ Mind Mip. Tentu saja Mind Map adalah cara yang mudah untuk membangkitkan imajinasi dan membantu Anda mengingat. Ini karena Mind Map melibatkan sisi kanan otak secara alami melalui penggunaan warna dan gambar.

^ Gambar berperan besar dalam ingatan Anda, ini terucap dalam perkataan "sebuah gambar mengandung seribu makna". Mind Map bukan hanya sebuah gambar yang mengandung gambar-gambar.

(Sumber: Buku pintar Mind Map. Karangan: Tony Buzan. Penerbit: PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakrta, 2007. diambil pada halaman:121-122)

4 comments:

  1. bener juga yah,
    kalo ada kenangan lucu/sedih tentang suatu peristiwa pasti mudah mengingatnya... ane juga mereasa begitu gan.
    Peristiwa-peristiwa masa lalu hanya beberapa doang yang ingat..

    ReplyDelete
  2. yah, begitulah manusia. banyak khilafnya..

    http://azizamanis.wordpress.com/

    ReplyDelete
  3. Kekuatan Imajinasi.....sulit untuk diukur.,...salam

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar