Tuesday, April 27, 2010

Berbuat Dosa Sambil Tertawa dan Berlaku Taat Sambil Menangis

Sebaga ahli zuhud berkata:"Barangsiapa yang berbuat dosa seraya tertawa maka Allah akan mencampakkannya ke neraka dalam keadaan menangis. dan barang siapa berbuat taat, sementara ia dalam keadaan menangis, maka Allah akan memasukkannya ke surga dalam keadaan tertawa (gembira ria)."

Ahli zuhud dimaksudadalah orang-orang yang memandang rendah dunia dan tidak mempedulikannya. mereka mengambilnya hanya sekedar keperluan yang sangat dibutuhkan saja.

Barangsiapa yang berbuat suatu dosa sambil tertawa, yakni menanggung dosa dengan perasaan gembira dan bangga atas dosa yang dilakukannya itu-seharusnya dia bersedih dan beristighfar kepada Allah Swt. agar diampuni dosanya-maka Allah akan memasukkan dia ke neraka dalam keadaan menangis.

dan barang siapa yang taat kepada Allah, sambil menangis, karena merasa malu kepada Allah dan takut kepadany, jangan-jangan dia termasuk orang yang kurang memperhatikan dalam menjalankan ketaatannya itu, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dengan penuh kegembiraan, karena tercapainya apa yang diinginkan, yaitu pengampunan Allah Swt.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar