Saturday, July 11, 2009

Yuk, Ubah Kebiasaan!

Merasa sulit mengubah kebiasaan sehari-hari yang kian membosankan? Jangan khawatir, ada 5 cara mudah yang bisa dilakukan agar hidup lebih indah dan bervariasi!

Dari mulai bangun pagi, sebagian besar orang langsung bikin kopi dan memikirkan hal yang sama dengan hari kemarin. Lalu, membaca koran sambil menunggu air panas untuk mandi, menyiapkan sarapan, mengantar anak kesekolah, dan bekerja.

Anda mengembangkan pola perilaku untuk memperlancar diri melewati hari-hari. Akan sangat menantang bila harus memikirkan hal baru untuk dilakukan. Walau sebagian besar kebiasaan tadi tak membahayakan, pasti Anda berharap ada yang bisa diubah?

Kebiasaan merupakan pola perilaku berulang, dan sering tak disadari. Lalu, kapankah pertama kali Anda memulai kebiasaan? Nah, mengidentifikasi alasan untuk mengubah perilaku akan membuat Anda bersemangat mencapai saran baru, Lho!

1. Identifikasi Kebiasaan
Bila sasarannya ingin melepaskan diri dari kebiasaan buruk, pastikan untuk mengidentifikasikan perilaku penggantinya, dan harus spesifik. "saya (aziza, bs ganti nama Anda) ingin sehat!" bukanlah kebiasaan baru. "saya akan berjalan kaki 30menit, 3 kali seminggu!"nah, itu baru spesifik bisa dicapai :)

2. Identifikasi Motivasi
Anda (saya, juga Loh),tentu punya alasan yang untuk mengubah perilaku. Jadi,tingkatkan gairah untuk berubah. Pastikan,gairah datang dari diri sendiri dan bukan karena ingin menyenangkan hati orang lain,"maksudnya siH sewajarnya aja".

3. Target Spesifik
Tanyakan pada diri gal spesifik yang ingin dicapai dgn mengubah kebiasaan. Ingin ke fitnes center u/ bersosialisasi, menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah tinggi, atau agar awet mudah? Perhatikan bagaimana kebiasaan baru ini akan menguntungkan hidup, berdampak pada pasangan, anak-anak, pekerjaan, penghasilan, kontak sosial, dan kesehatan fisik.

4. Uji Konsekuensi
Tuliskan semua cara yang bisa berdampak negatif pada kehidupan bila Anda tak mengubah kebiasaan. Pertimbngkan seluruh area dalam kehidupan Anda, baik secara fisik maupun mental.

5. Jalankan!
Lakukan kebiasaan baru, paling tidak selama 21 hari (sahabat juga bisa tentukan sendiri, koq). Penelitian membuktikan, setidaknya dibutuhkan waktu 3 minggu untuk mengembngkan kebiasaan baru. Baca kembali daftar yang Anda buat 2 kali setiap hari (biar, disiplin ya,,,). Terus tambahkan daftarnya begitu Anda menyadari soal keuntungan baru dan konsekuensinya.

Dengan meneliti daftar tadi, akan berdampak pada jumlah kenikmatan dan derita yang dihubungkan dgn kebiasaan lama. Semua keuntungan dan konsekuensinya telah ditulis akan cepat menghampiri pikiran dan mengubah kebiasaan. Anda pun akan mulai melihat kebiasaan baru berdampak diseluruh area dalam kehidupan Anda.
Menjadikan kebiasaan baru tidaklah muda, kecuali punya alasan kuat dan berarti. Bila tak bisa mengubah kebiasaan secara spesifik, apa yang sungguh2 diimplikasikan tentu tak memiliki alasan cukup penting mengapa harus diubah.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar