Thursday, September 8, 2016

10 Manfaat Membaca Surat Yasin

Bagi anda yang menganut kepercayaan Muslim, pasti sudah sangat akrab dengan istilah ini.

Yasin, merupakan salahsatu surat yang terdapat di dalam Al-Quran yang merupakan kitab suci dan pegangan utama dari umat Muslim di seluruh dunia.

Yasin sendiri merupakan surat ke – 36 dalam Al-Quran, dan terdiri dari 83 ayat. Banyak yang menganggap bahwa surat Yasin merupakan salah satusurat yang terpenting di dalam Al-Quran karena dianggap sebagai jantung dari Al-Quran itu sendiri.

Biasanya surat Yasin dibacakan pada malam Jumat atau ketika seseorang berada pada kondisi sakratul maut atau ketika menghormati seseorang yang sudah meninggal.

Yasin merupakan suraat dalam Al-Quran yang paling sering dibaca dan dikumandangkan karena konon memiliki banyak sekali manfaat.

Apa saja manfaat Surat Yasin?

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari Yasin :

1.Kesejahteraan bagi siapapun yang mengamalkan dan membaca surat Yasin

Siapa yang tidak membutuhkan kesejahteraan di dalam hidup?

Pastilah anda semua mengidamkan segala macam kesejahteraan di dalam hidup anda. salah satu kesejahteraan yang paling diidamkan oleh kebanyakan orang adalah kesejahteraan dalam bidang spiritual, yang merupakan kesejahteraan dalam hal lebih dekat dengan sang Ilahi.

Ada beberapa tokoh yang menyebutkan bahwa apabila anda membaca yasin setelah melakukan wudhu dan membaca surat Yasin sebelum waktu magrib tiba, maka Allah akan memberikan rahmat dankesejahteraan bagi anda yang melakukanperbuatan tersebut.

2.Memperpanjang umur
Surat Yasin dipercaya dapat memperpanjang umur dan menghindarkan orang dari umur pendek.

Dengan rajin membaca dan mengamalkan surat Yasin, maka niscaya anda akan memiliki rahmat dari Allah dandapat memperpanjang umur anda.

3.Menjadi lebih dekat dengan Tuhan sang Pencipta
Yasin merupakan salah satu surat yang ada di dalam Al-Quran, dimana ketika seseorang berhasil membaca, memahami dan mengamalkan apa yang ada di dalam surat tersebut, maka akan membuat seseorang menjadi lebih dekat dengan Tuhan sang pencipta.

Apabila anda menjadi lebih dekat dengan Sang Pencipta, maka anda akan mengalami :*.Memiliki rasa syukur*.Selalu ikhlas dan tanpa pamrih ketika melakukan sesuatu*.Tidak mudah menyerah dan menyesal*.Selalu ingin berbuat kebaikan dan menolong sesame*.Mampu meninggalkan hal – hal yang bersifat duniawi*.Mencapai identitas spiritual yang tinggi

4.Dapat memahami Al-QuranManfaat lain dari Yasin ialah dapat memahami Al-Quran. Beberapa tokoh menyatakan bahwa Yasin merupakan jantng dari Al-Quran dan merupakan salah satu surat yang penting dalam Al-Quran.

Dengan membaca dan mempelajari surat Yasin, anda bisa memahami tentang keseluruhan isi dari Al-quran

5.Menambah pengetahuan mengenai ilmu keagamaan
Surat Yasin juga bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari mengenai ilmu keagamaan, terutama agama Islam.

Di dalam surat Yasin terdapat berbagai kejadian – kejadian yang berhubungan dengan sabda – sabda serta hal – hal yang menyangkut tentang ilmu agama Islam.

6.Berada pada jalan yang benar

Ketika anda membaca Surat Yasin, itu berarti anda sudah berada pada jalan yang benar, dan tidak melenceng dari kehidupan spiritualitas yang anda miliki.

Karena itu surat yasin juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasa spiritual dan kondisi spiritualitas yang anda miliki.

7.Menambah pahala dan ganjaransponsored links
Manfaat lainnya dari surat Yasin adalah dapat memberikan pahala dan ganjaran yang berlebih bagi siapapun yang membacanya.

Dengan membaca surat Yasin maka niscaya anda akan mendapatkan pahala dan berkah yang lebih serta ganjaran yang baik bagi kehidupan anda.

8.Mendoakan dan menghormati mereka yang sudah meninggal

Salah satu manfaat lain dari surat yasin yang sering digunakan ialah surat yasin dapat dibacakan ketika berada pada acara peringatan dan penghormatan terhadap saudara – saudara kita yang sudah tiada.

Dengan membacakan surat Yasin, maka diharapkan pahala dan berkah bagi mereka yang didoakan, dan bagi kita yang mendoakan akan bertambah sehingga terbebas dari neraka.

9.Diberikan kemudahanKetika anda membaca dan mengamalkan surat Yasin, maka anda pun akan merasakan manfaatnya, yaitu anda akan diberikan kemudahan dan kelancaran dalam segala hal yang anda lakukan.

Dengan diberikannya kelancaran dan kemudahan ini, maka segala halangan dan rintangan yang kemungkinan akan menghadang pun dapat anda lewati dengan mudah

10.Menjadi pribadi yang lebih baikTidak ada hal di dalam Al-Quran yang memerintahkan anda untuk menjadi orang yang jahat. Termasuk surat Yasin. Dengan membaca dan mengamalkan surat Yasin, maka anda akan menjadi pribadi yang lebih baik dimata Tuhan dandi mata masyrakat sekitar.Itulah beberapa manfaat dari Yasin.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Sumber :
http://manfaat.co.id/manfaat-surat-yasin

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar