Sunday, June 5, 2016

Cerita Mereka yang Mengais Rezeki di Pemakaman Jelang Ramadhan

Warga berziarah di TPU Jl Inpres Sidomulyo Timur, Pekanbaru,

Minggu 5 Juni 2016

(Foto: Chaidir Anwar T/detikcom)

Pekanbaru- Menjelang Ramadan, ziarah kubur mulai ramai. Warga sekitar pemakaman mengais rezeki dari pengunjung makam.

Minggu (5/6/2016) merupakan hari puncak umat Islam di Pekanbaru melakukan ziarah kubur jelang ramadan. Sejumlah pekamaman umum ramai diziarahi sanak familinya.

Pemantauan detikcom di TPU di Jl Inpres, Sidomulyo Timur, Pekanbaru, sejak pukul 07.00 WIB, pemakaman sudah berjubel warga untuk berziarah. Mereka berdatangan dengan sepeda motor maupun roda empat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga sekitar pemakaman pun memanfaatkan untuk mengais rezeki. Para ibu-ibu dan anak-anak banyak terlihat menjual bunga dalam kantong plastik.

Mereka menjajakan dagangannya di pintu masuk pemakaman. Dari yang berdiri di tepi jalan, ada juga yang menjajakan di meja-meja mungil.

Foto: Chaidir AT/detikcom

Satu kantong plastik berisikan bunga dan cacahan daun pandan dikemas menjadi satu. Untuk satu kantong harganya Rp 2.000, jika ditambah isian air harganya Rp 2.500.

"Peziarah sudah mulai ramai sejak seminggu yang lalu. Mereka datang lebih banyak di pagi hari dan sore. Alhamdulillah,jualan bunga laris manis," kata Faisal (14), bocah SMP yang turut menjajakan bunga.

Selain bunga, pemuda tempat juga menerima sumbangan suka rela dari wargayang berziarah. Sumbangan ini dipungut seikhlasnya karena pemuda setempat sudah membersihkan rumput dan ilalang di sekitar makam."Kami tidak mematok harga, seikhlasnya saja.

Dana ini hanya sekedar upah jerih payah kami membersihkan makam," kata Sarif (24).(cha/try)

Sumber : http://m.detik.com/news/berita/3225755/cerita-mereka-yang-mengais-rezeki-di-pemakaman-jelang-ramadan

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar