Tuesday, January 12, 2016

Khasiat Jitu Jeruk Purut Menurut Pakar Kesehatan dan Kecantikan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di balik sosoknya yang kecil dan bentuk yang kadang tidak beraturan, jeruk purut ternyata punya manfaat jitu bagi kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Meski berukuran mini, jeruk purut memiliki khasiat yang sangat yahud.

Jika untuk kesehatan, jeruk purut mampu menyembuhkan penyakit influenza, rematik serta menambah stamina tubuh, sementara itu di bidang kecantikan, jeruk purut malah maknyus untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Lantas kandungan apa yang terdapat dalam jerut purut?

Banyak kandungan kimiawi alami yang dimiliki oleh jeruk purut, seperti fortunella, gumarin, hingga beberapa alkaloid seperti panin. Kandungan semua zat ini, membuat jeruk purut cespleng digunakan untuk mengatasi masalah infeksi ringan (antiinfeksi), antiinflamasi ataupun peradangan.

Tak hanya itu saja, kulit buah jeruk juga kaya akan kandungan saponin, tanin, steroid triterpenoid dan minyak asiri yang memiliki kandungan sitrat. Sama seperti keluarga jeruk pada umumnya, jeruk purut juga kaya akan kandungan vitamin C. Dengan kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi, buah satu ini ampuh untuk menyembuhkan luka.

“Kadar vitamin C jeruk itu tinggi, dan memang sangat efektif membantu menyembuhkan luka,” ujar dr Midi Hariyani, SpKK, dokter spesialis kulit kelamin RS Hermina Jatinegara. 

Dalam dunia kecantikan, jeruk purut kerap diolah menjadi lulur jeruk purut. Untuk diolah menjadi lulur, buah satu ini cukup diambil bagian kulitnya saja. Agar lebih ampuh, kulit jeruk purut ini sebaiknya ditambahkan temu giring sejari dan daun kemuning. Pengolahannya sangat mudah, setengah kulit juruk purut cukup dicampurkan dengan seperempat temugiring sejati dan daun kemuning.

Selanjutnya, ramuan herbal ini ditumbuk hingga halus dan dipipih (ditekan-tekan). Setelah dipipih, ramuan tersebut dicampur dengan beras adem, yaitu beras yang telah direndam dan diganti airnya berkali-kali. Penggunaan beras adem sebagai bahan campuran lulur jeruk purut ini dimaksudkan agar lulur yang dihasilkan bersifat lengket. 

“Bila sifatnya lengket otomatis lulur jeruk purut ini akan lebih mudah menempel pada kulit,” imbuh Endang Laksmadiwati, herbalis Taman Sringanis, Cimanengah, Bogor.

Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, lulur ini sebaiknya diaplikasikan satu kali setiap bulannya. Jika digunakan secara rutin sebulan sekali, lulur jeruk purut mampu menyulap kulit menjadi lebih halus. Tak hanya itu saja, lulur satu ini juga ampuh untuk memperkecil pori-pori kulit.

Diungkapkan dr. Midi, penggunaan jeruk purut dapat diaplikasikan ke semua area kulit. Meski demikian, tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama jika jenis kulit wajahnya sensitif. Bagi yang kulitnya sensitif, jeruk purut malah menimbulkan efek samping peradangan.

“Jeruk purut itu kan sifatnya fotosintesizer (bereaksi dengan panas matahari), jika diaplikasikan ke area kulit dan kena sinar UV, efek sampingnya bisa menimbulkan peradangan pada kulit. Makanya harus diingat, setelah mengoleskan jeruk purut ini ke area kulit jangan lupa dibilas hingga bersih. Takutnya jika telat dibersihkan dan orangnya terpapar sinar UV efeknya malah terjadi peradangan,” pungkas dr. Midi.

Penulis : -
Editor : Riana

Tag: #jitunews #infojitu #herbaljitu #jerukpurut #khasiatjerukpurut #lulurjerukpurut
      
© 2016 jitunews.com, All Rights Reserved

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar