Tuesday, January 10, 2012

Tips Aman Tidur Bersama Bayi Anda

Tidak sedikit orangtua yang memilih tidur terpisah dengan bayi mereka. Padahal tak ada salahnya ayah dan ibu tidur bersama bayi mereka, asal tahu tips bagaimana agar tetap aman dan nyaman, seperti dilansir she knows:

Jangan Tidur di Tempat Yang Terlalu Empuk
Kasur air sangat tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai tempat tidur. Pakailah tempat tidur yang tidak terlalu empuk. Jangan juga gunakan bantal dan guling. Kalau diletakkan di permukaan yang terlalu empuk, bayi akan kesulitan bernafas.

Jika ibu merasa tidak nyaman bersebelahan persis dengan bayi, ibu bisa membeli tempat tidur tambahan. Tempat tidur tambahan khusus bayi ini bisa disatukan atau diletakkan persis di sebelah tempat tidur ibu. Dengan tempat tidur ini, bayi memiliki ruangan yang lebih leluasa untuk bergerak, namun ibu tidak kesulitan untuk menjangkaunya ketika dia terbangun dan disusui.

Jangan Gunakan Selimut
Selimut sebaiknya dihindari karena dikhawatirkan bisa membuat bayi terselimuti atau tertindih benda tersebut. Kalau bayi sampai terselimuti, ia akan menjadi kesulitan bernafas. Mainan yang besar, empuk dan lembut juga sama berbahayanya seperti selimut, bantal dan guling.

Jika ingin tetap menggunakan selimut, pakaikan selimut tersebut tidak lebih tinggi dari dada. Agar selimut tidak tertarik atau menutupi wajah dan kepala bayi, ujung selimut diselipkan di bawah tempat tidur.

Jangan Biarkan Bayi Tidur Bersama Anak Kecil, Perokok atau Pemabuk
Tempat terbaik untuk tidur bayi adalah bersama orang yang bertanggungjawab, orang dewasa yang tidak merokok dan sebaiknya adalah sang ibu. Anak kecil yang tidurnya kerap tak beraturan bisa membahayakan bayi. Sedangkan perokok, jika merokok di kamar, bisa menyebabkan bayi kesulitan mendapatkan udara bersih. Asap rokok juga dapat menyebabkan bayi sesak nafas.

Bayi Tidur di Sebelah Ibu
Saat bayi berusia enam bulan ke bawah, tempat paling aman dan nyaman adalah di sebelah ibu, bukan di antara ayah dan ibu. Ketika bayi menangis dan bangun di tengah malam, ibu bisa langsung mendengarnya dan menyusuinya. Saat tidur, ibu juga harus tetap waspada, bayi tetap berada di dalam posisi tidurnya.

(sydh/dtc)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar