Friday, September 11, 2009

Tips didapur yang AduHai

1. Mengawetkan Ikan Basah
Karena keperluan penting yang mendadak, terkadang kita gak menyempatkan diri buat masak ikan basah yang baru dibeli. Bila punya kulkas, ikan bisa aja disimpan. Kalau gak, bisa aja ikan yang kita tinggalkan di rumah td jadi busuk. Mngatasi masalah ini, lakukan cara berikut: Ambil ikan basah, cuci bersih, lumuri garam agak bnyak scara merata, masukkan dalam toples dan tutup rapat. Ikan basah tetap segar beberapa hari. Jika ingin memasak, ambil ikan, cuci bersih, masak sesuai selera.

2. Tomat untuk Menghilangkan Bau Amis Ikan
Sebagai orang yang gak suka makan ikan karena gak tahan baunya yang sangat amis, sekalipun udah digoreng kering. Untuk menghilangkan bau amis ikan, lakukan cara berikut: ambil beberapa tomat matang, peras, beri sedikit air, masukkan ikan yang sudah dibersihkan, biarkan beberapa waktu, angkat, tiriskan dan goreng. Niscaya ikan goreng akan gurih, renyah, berwarna kuning keemasan dan tentu gak amis lagi.

3. Mengurangi Rasa Pahit Pare
Orang umumnya enggan memasak pare karena rasanya pahit. Jika kebetulan Anda ingin memasak pare dengan rasa tidak pahit, ikuti cara berikut: ambil beberapa pare yang akan dimasak, iris menjadi beberapa bagian, masukkan dalam larutan garam yang diberi sedikit gula, remas-remas pare hingga layu, bilas dengan air bersih dan tiriskan. Setelah itu pare siap dimasak. Hasilnya, pare tidak terasa pahit lagi.

4. Agar Seafood tidak Menimbulkan Alergi
Seafood, seperti udang, kerang, kepiting, cumi dan lain-lain, sering menimbulkan alergi setelah memakannya, jangan khawatir. Ikuti cara sederhana ini: ambil beberapa buah wortel, kupas, cuci, parut, peras, beri air secukupnya, masukkan seafood yang sudah dibersihkan, rendam sekitar 2 jam, angkat, tiriskan dan kukus. Seafood siap dimasak sesuai selera. Alergi pun dapat dicegah.
Gimana, sahabat manis. Selamat mencoba... :)


2 comments:

Silahkan berkomentar