Friday, August 28, 2009

Biar Tak Kurang Darah saat Puasa

Meski kadang lemas dan cepat pingsan, wanita penderita anemia, atau biasa disebut kurang darah, tetap dapat menjalani ibadah puasa. Tentunya dengan menjaga keseimbangan gizi dan mengkonsumsi tablet zat besi bila dibutuhkan.
Sahabat blogspot, proses pencernaan yang mungkin dianggap sbg persoalan biasa, sesungguhnya merupakan proses yang rumit yang menguraikan berbagai zat gizi secara lengkap. Terjadi ribuan reaksi kimia di dalam tubuh untuk mencernakan dan menguraikan makanan menjadi zat-zat yang lebih halus. Selanjutnya zat tersebut akan diserap di dalam usus dan dibawa ke sel-sel yang membutuhkannya.

Selama puasa sih, sebenernya organ pencernaan manusia diberi kesempatan buat istirahat.

Sebelumnya ia harus terus bekerja mencerna makanan. Selama puasa gula darah akan istirahat selama 12 jam, so berbukalah dengan makanan yang manis dan mudah dicerna setelah usus kita beristirahat. Makanan berat, yang mengandung zat besi, sebaiknya dimakan setelah shalat maghrib.

Pada saat sahur, jangan lupa untuk tetap makan dengan gizi seimbang. Rencanakan menu keluarga secara seimbang, ada nasi, lauk, sayur dan buah.

Bila tidak sempat makan buah, cobalah buat jus agar bs dikonsumsi dg cepat. Bagi yang menderita anemia perlu diberi tambahan tablet atau sirup zat besi.

Jadi, wanita yang menderita anemia tidak memiliki hambatan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Untuk mengantisipasi keadaan yang mungkin semakin parah saat berpuasa, maka perlu diatur jumlah asupan perbandingan nasi dan lauknya. Sebaiknya, lauk lebih diprioritaskan daripada nasi. Bila anemia diderita termasuk berat, memang harus ke dokter. Namun bila masih taraf ringan insyALLAH dapat diatasi dgn "kemauan yang kuat" untuk berpuasa.


7 comments:

  1. ck..6x infonya bermanfaat sobat... buat yang lagi puasa... harus baca postingan si ibu yang satu ini....

    SALAM KENAL...
    KEEP BLOGGING...

    ReplyDelete
  2. @ Kang Dedy, saLam kenaL kembaLi :)
    (otree deH, bLOGGING go go go ale ale ale)

    ReplyDelete
  3. info yg berguna neh, kayaknya aku kurang darah deh, sering haus eh sering pusing githu..

    ReplyDelete
  4. @ patahati, met iztirahat saja :)

    ReplyDelete
  5. ah.. ini baru info yang tuepat buat q.. hehehehe :D

    postingan yg bagus .!

    ReplyDelete
  6. kang hilmy,,, Lam kenal yah...

    :)

    ReplyDelete
  7. Mantep artikelnya gan buat ijin comot buat referensi blog ane yak he he he Cara Mudah mengobati kutil kelamin (kondiloma) instan

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar