Sunday, July 5, 2009

Berbagi Cerita dan Info: Masa Remaja

Sederet pertanyaan bermunculan, kali ini aziza mencoba menyampaikannya satu per satu. Moga blog berbagi ini mampu memberikan manfaat bagi blogspot mania or siapapun yah :)

1. Apakah pubertas itu? Pubertas adalah awal masa remaja. Pada masa pubertas terjadi perubahan badaniag yang menandai adanya kemampuan untuk melanjutkan keturunan (reproduksi). Ada yang menyebut pubertas sebagai saat kematangan seksual. Perubahan ini disertai perubahan mental dan akan mempengaruhi perilakumu.

2. Kapan pubertas terjadi? Perubahan yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda, karena setiap orang memiliki perbedaan saat kematangan seksual. Biasanya perempuan mengalami pubertas lebih awal pada usia 11-12 tahun, sedangkan laki-laki pada usia 13-14 tahun.

3. Apakah perubahan badaniah pada perempuan? Tubuh menjadi tinggi, rambut tumbuh diketiak dan sekitar kemaluan, buah dada membesar, pinggul melebar, mengalami menstruasi/haid pertama.

4. Bagaimana dengan laki-laki? Otot mengembang disekitar dada dan bahu, berat dan tinggi badan bertambah, suara membesar, rambut tumbuh diketiak, sekitar kemaluan, tangan, kaki, dada dan diwajah (kumis dan jenggot), mengalami mimpi basah.

5. Perubahan mental apa yang menyertai perubahan badaniah? _ Engkau mulai tertarik pada lawan jenis. Perempuan ingin tampil cantik dan laki-laki ingin menunjukkan kejantanannya.
_ Engkau menjadi pemalu, sering sedih, khawatir dan sering bingung sehingga kepercayaan diri menurun.
_ Seringkali merasa "tidak suka" pada lawan jenis. Semua itu normal dan terjadi pada setiap orang dimasa remaja.

6. Perubahan perilaku apa yang terjadi? Pada masa ini, engkau lebih suka pergi bersama teman-teman sebaya daripada tinggal dirumah. Tidak menurut pada orang tua, suka pamer, dan tidak berfikir pada saat berbuat. Hal ini menyebabkan engkau lebih mudah dipengaruhi teman. Perempuan sebelum saat haid/menstruasi biasanya sangat perasa, emosional, pemarah tanpa alasan yang jelas.

7. Perubahan apa lagi yang biasanya terjadi? Kulitmu semakin berminyak, mudah berjerawat. Tapi tak perlu rendah diri, karena hal ini disebabkan oleh lemak yang berlebihan dibawah kulitmu.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar